Posted by: yullyshelsa | October 21, 2009

Mengenal Sosok Pencipta MARS PMRI

Jika anda guru, dosen atau pemerhati pendidikan yang pernah mengikuti pelatihan, workshop maupun seminar PMRI, pasti tidak asing lagi dengan MARS PMRI. Bagaimana tidak, jika sekilas kita memaknai lirik MARS ini, ada semacam semangat baru untuk  menjadikan kita selalu kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pembelajaran matematika sehingga matematika akan disenangi oleh siswa. Mungkin terbesit dihati anda, siapa ya.. sosok pencipta mars ini, dia tidak lain adalah Dr. Mulyardi MPd, bapak  dari dua orang anak ini menyukai musik sejak remajanya, banyak event yang telah diikuti, mulai dari Pemenang Festival Lagu Country di radio dan televisi, peserta MTQ Nasional dan sederetan prestasi lainnya.

Finalis iklan rambut Brisk pada tahun 1981 ini menuturkan bahwa beliau terinspirasi menciptakan mars ini karena bentuk kepedulian terhadap pembaharuan pembelajaran matematika melalui inovasi dengan menggunakan kebudayaan bangsa, khususnya budaya Minangkabau. Pak Mul, sapaan akrabnya menuturkan bahwa: “Semua permainan, tarian, alat musik, randai, pitatah dan petitih Minangkabau bisa dijadikan sumber dan inovasi dalam belajar matematika, contohnya Tari Indang. Melalui pemanfaatan budaya bangsa berarti kita tetap menjaga kelestarian budaya sehingga pembelajaran matematika lebih bermakna dan menyenangkan bagi siswa.” Kemudian penulispun bertanya: “Apa hubungan antara matematika dengan menari? Kog bisa pak?” Doktor pendidikan jebolan Universitas Negeri Surabaya ini menjelaskan bahwa: “Dengan menari Indang (salah satu tarian tradisional Minangkabau, Sumatera Barat) siswa bisa belajar bilangan ganjil dan genap”. Ternyata dosen yang pernah menjadi Peneliti Terbaik pada tahun 2007 ini memang mempunyai ide-ide pembaharu dengan memanfaatkan budaya bangsa, khususnya kebudayaan Minangkabau.

TARI INDANG

tari indang

Melalui wawancara via telepon ini, penulis menanyakan tentang pandangan dan harapan beliau terhadap perkembangan PMRI, Dr. Mulyardi, M.Pd menyatakan bahwa: “Bagus, perkembangan PMRI sudah cukup baik walaupun masih ada keterbatasan , diharapkan melalui Mentri Pendidikan dan Pemerintahan baru ini perkembangan PMRI merata diseluruh propinsi di Indonesia, tidak hanya didua atau tiga propinsi saja. Kemudian diharapkan  adanya penghargaan berupa pengakuan dari PMRI sendiri atas kreativitas, inovasi, dan ide-ide baru yang telah digagas oleh dosen, guru atau pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan PMRI, dengan penghargaan atau pengakuan itu, pemerhati pendidikan matematika akan termotivasi memberikan dan menciptakan gagasan-gagasan yang lebih inovatif lagi”.

Selain mengajar di FMIPA dan Pascasarjana UNP, Dr. Mulyardi yang dilahirkan di Batu Sangkar pada 24 Mei 1963 juga mengajar Pascasarjana di Universitas Bung Hatta dan Universitas Riau, kemudian juga menjabat sebagai staf ahli Sekretaris Senat Pembantu Rektor I UNP, dengan berbagai kesibukannya sekarang beliau juga meneliti tentang “Pembelajaran Matematika Berbasiskan Kebudayaan dan Norma-Norma Masyarakat Minangkabau”.

Dr. Mulyardi, M.Pd ini dimata mahasiswa terkesan sebagai dosen yang supel, kreatif dan bersahabat dengan mahasiswa, penulis pernah menjadi mahasiswa beliau, sampai sekarang pencipta Mars PMRI ini penuh dengan ide-ide dan inovasi baru tentang konteks-konteks pembelajaran matematika.

Di bawah ini ada lirik  Mars PMRI:

MARS PMRI

Ciptaan: Dr. Mulyardi MPd

TELAH HADIR DI BUMI PERSADA
INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA
MENGGUNAKAN BUDAYA INDONESIA
PMRI ITU NAMANYA

DENGAN PMRI GURU JADI KREATIF
DENGAN PMRI SISWA MENJADI AKTIF
MANFAATKANLAH WAHAI PENDIDIK BANGSA
AGAR MATEMATIKA DISENANGI SISWA

REFF. PMRI CARA YANG BIJAKSANA
MENYAPA SISWA DENGAN RAMAH
PMRI SUATU INOVASI
MENGGUNAKAN BUDAYA ANAK NEGERI

DENGAN PMRI SISWA JADI CERIA
DENGAN PMRI KELAS JADI GEMBIRA
HAI PENDIDIK BANGSA LAKSANAKAN SEGERA
DEMI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Kembali ke Reff.

Advertisements

Responses

  1. keren mars nya….

    pak mul memang super…… pintar……

  2. gak ada albumnya gitu pak???hehhe

    pak mul emg keren!!!
    mohon bimbingannya y pak…

  3. keren Pak…………!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: