Posted by: yullyshelsa | May 5, 2011

“Jungkat-Jungkit”: Menjaga Keseimbangan Persamaan

Guru matematika yang profesional akan selalu berusaha keras untuk menyempurnakan keterampilan dalam seni mengajar untuk “membekali” siswa sesuai dengan tuntutan KTSP yang dipakai pada jenjang pendidikan yang dipakai di masa sekarang.

Gambar di atas merupakan salah satu strategi dalam mengaitkan ilmu matematika dengan konteks yang ada di sekeliling siswa. Guru bisa menggunakan cara ini: “Pikirkan persamaan sebagai jungkat-jungkit. Untuk memulainya kamu harus duduk di satu sisinya dan temanmu harus duduk di sisi lainnya. Prinsip yang sama juga berlaku untuk persamaan, kamu harus menjaganya agar tetap seimbang (senilai), atau benar, dengan melakukan hal yang sama di setiap sisi. Suatu persamaan dikatakan seimbang (senilai), atau benar, jika ketika kamu mengerjakan operasi seperti yang diminta, setiap sisi menghasilkan jawaban yang sama, meskipun satu sisi mempunyai tiga suku dan sisi lain hanya mempunyai dua suku. Lihat persamaan 1+2+3+4 = 5+5. Kedua sisi sama-sama menghasilkan sepuluh, meskipun ada empat suku disisi kiri dan dua suku dari kanan. Apapun yang kamu kerjakan untuk menyelesaikan persamaan, kamu harus menjaga agar tetap senilai jika kamu menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan atau membagi dengan nilai yang sama pada setiap sisi. Pada dasarnya, operasi apapun yang bisa dikerjakan untuk setiap sisi persamaan dan persamaan itu tetap senilai.”

Selamat Mencoba….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: